Balikpapan

Warga RT 26, Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban, Dengan Perketat Protokol Kesehatan

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Meski ditengah pandemi covid-19, momen kehangatan dalam perayaan idul adha tetap terasa dilingkungan RT 26 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara (Balut), Selasa (20/7/2021).

Seperti biasa, pada perayaan Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini, panitia kurban RT 26 kembali menyembelih 3 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing.

Ketua Panitia Kurban Ghozali Rahman mengatakan, pada perayaan idul adha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana hari raya kurban tahun ini masih berada ditengah pandemi covid-19, sehingga Protokol Kesehatan (prokes) yang dianjurkan pemerintah harus diutamakan dan diperketat.

Gozali sendiri mengatakan, jika jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, akan tetapi bukan karena jumlah hewan kurbannya yang berkurang, melainkan hewan kurban yang di sembelih yang dibatasi.

“Sebenarnya kita (panitia) ada 5 ekor Sapi, hanya saja yang 2 ekornya kita sumbangkan ke daerah yang tidak memiliki hewan kurban,” ucapnya.

“Kita juga menyerahkan 2 ekor sapi ketempat lain agar penyembelihan disini (RT 26) tidak terlalu lama,” sambungnya.

Ia menambahkan, untuk pendistribusiannya sendiri nantinya akan diberikan oleh warga yang ada dilingkungan RT 26 saja, selain itu dalam mendistribusikannya pun akan dilakukan secara bertahap.

“Jadi kita batasi waktu pengambilannya, setiap setengah jam hanya 25 warga yang mengambil, kemudian selanjutnya warga lainnya, warag juga sudah kita berikan kupon daging,” bebernya.

Senada disampaikan H Yadi salah satu Tokoh Masyarakat RT 26, menurut dirinya dari tahun ke tahun setiap pelaksanaan hari raya kurban warga sangat antusias dalam membantu.

Terlebih ditengah pandemi saat ini, warga RT 26 sangat patuh dengan himbauan pemerintah yakni wajib menggunakan masker saat melakukan penyembelihan hewan kurban.

“Alhamdulillah..setiap tahun tidak ada perbedaan dengan jumlah hewan kurban yang disembelih, terlebih warga RT 26 sangat antusias dan mau bergotong royong bersama,” ucapnya.

H Yadi menambahkan, untuk pendistribusian sudah diatur oleh panitia kurban, dimana warga dipersilahkan mengambil daging kurban dengan membawa kupon yang sudah diberikan.

Bahkan, warga yang nanti datang mengambil daging kurban sudah diatur oleh panitia kapan waktu pengambilannya, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan saat mengambil daging kurban.

“Kita sudah bagikan kupon daging ke warga, dari 250 kupon daging yang disiapkan panitia semua sudah dibagikan,” tutupnya.

Sementara itu ketua RT 26 Achmadiansyah mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga RT 26 yang turut membantu prosesi Pemotongan hewan Kurban, Sehingga berjalan lancar.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang ikut membantu, semoga dengan kebersamaan ini menjadi ajang untuk kita saling mempererat tali silaturahmi, dan di Tahun depan kita bisa melakukan yang lebih baik lagi”pungkasnya.

Reporter : Bagas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?