Balikpapan

Walikota Balikpapan Serahkan Bantuan Keuangan Kepada 10 Parpol Dan Sekaligus Penandatanganan Berita Acara

Balikpapan, Pamungkasnews.id  – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mencairkan program Bantuan Keuangan (Bankeu) kepada 10 partai politik (Parpol) yang memiliki perwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan.

Sepuluh Partai Politik yang menerima bantuan keuangan tersebut yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, Nasdem, Hanura, PPP, PKB dan Perindo.

Penyerahan bantuan yang berlangsung di Aula Pemkot Balikpapan ini, dihadiri langsung Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh S Sos, Sekretaris Daerah Sayid MN Fadly, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dan seluruh perwakilan parpol yang dirangkai dengan penandatanganan berita acara penyerahan, Senin (25/10/2021).

Dalam sambutannya, Rahmad Mas’ud mengatakan kegiatan hari ini merupakan forum strategis dalam mempererat komunikasi pemerintah kota (Pemkot) dengan Partai Politik (Parpol).

Tentunya itu akan berdampak baik, sehingga hubungan kedepannya semakin baik dalam mewujudkan perpolitikan yang sehat dan berkualitas khususnya dikota Balikpapan.

Rahmad juga menambahkan bantuan keuangan bagi parpol merupakan amanat konstitusi yang diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 serta Permendagri Nomor 78 Tahun 2020.

Rahmad menuturkan bantuan keuangan tersebut bersumber dari APBD Kota Balikpapan sebesar 1,2 miliar yang semuanya diberikan kepada Parpol yang memiliki kursi di DPRD Balikpapan.

“Totalnya 1,2 miliar..kita ambilkan dari APBD Kota, dan pembagiannya pun berdasarkan perolehan jumlah suara sah pada pemilu lalu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rahmad mengatakan bantuan keuangan yang diberikan pemerintah kota bertujuan untuk meningkatkan kapasitas parpol kedepannya. Salah satunya dengan memberikan edukasi politik yang baik bagi masyarakat, sehingga, parpol-parpol yang ada dapat memiliki kader-kader yang berkompeten dan menjadi wakil rakyat yang amanah nantinya.

“Saya harap bantuan ini dapat dipergunakan secara baik dan profesional, semoga tidak ada konflik kepentingan dan dapat dipergunakan dengan prinsip kehati-hatian,”pungkasnya.

Reporter : Oechan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?