DPRD Balikpapan

Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Budiono Menerima Kunjungan Dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Balikpapan, menerima kunjungan dari beberapa kelompok tani Balikpapan yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Senin (5/04/2021).

Rombongan Gapoktan tersebut diantaranya Kelompok Tani Porang yang tergabung dalam P3KT, Kelompok Tani Holtikultura dan Kelompok Tani Penggemukan sapi, diterima langsung oleh walik ketua DPRD kota Balikpapan Budiono di ruang kerjanya.

Usai melakukan pertemuan dengan Gapoktan Budiono mengatakan dari kunjungan beberapa kelompok tani yang berkunjung ke DPRD, ada satu kelompok tani yang saat ini lagi booming, yakni kelompok tani Porang.

Tanaman Porang (Amorphophallus oncophyllus) merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki manfaat sangat banyak. Tanaman Porang sendiri memang masih asing terdengar di masyarakat umum, namun tanaman ini telah menembus pasaran Internasional, hal ini lah membuat para petani berusaha membudidaya tanaman Porang yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

“Pertemuan Hari ini para kelompok tani mencoba memaparkan terutama terkait jenis tanaman Porang yang saat ini lagi Booming dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi”kata Budiono, Selasa (06/04/2021).

“Selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan penggantian karbohidrat, jenis tanaman Porang juga bisa di ekspor keluar karena tanaman Porang banyak di minati di negara-negara Asia, seperti Jepang , Cina, Korea dan lainya”lanjutnya.

Budiono melanjutkan bahwa tanaman jenis Porang ini bisa tumbuh di Kalimantan meski dengan kondisi struktur tanah yang meliputi pasir dan tanah liat.

“Untuk itulah para Kelompok Tani meminta kami untuk mempasilitasi agar mendapat pendampingan dari dinas terkait baik itu penyuluhan, bantuan-bantuan berupa pupuk, bibit dan hend traktor, terutama terkait pemasaran hasil dari petani”urainya.

Adapun keinginan dari para kelompok tani meliputi

– Kelompok Tani Tanam Tuai (Holtikultura )
Menginginkan
1. pendampingan dinas terkait dalam pemasaran hasil para petani
2. Penyuluhan dan Pembinaan dari Dinas Pertanian
3. Bantuan pompa sebagai irigasi
4. Hand traktor

– Kelompok Tani Daya Taruna / Pengemukan Sapi
1. Bantuan perbaikan kandang sapi
2. Bantuan bibit , mulsa dan pupuk organik

– Kelompok Perkumpulan Petani Porang Kalimantan Timur (Kaltim)
1. Pendampingan dinas terkait dalam penyuluhan Penanaman Porang dan manfaat dari Porang
2. Pemasaran Porang
3. Bantuan subsidi bibit Porang
4. Koordinasi mendapat pupuk organik
5. Pembangunan pabrik Porang di Kaltim

Budiono menambahkan sementara ini sudah ada komitas petani Porang yang membudidayakan tanaman jenis Porang diwilayah Balikpapan Utara KM 13 Kelurahan Karang Joang, untuk didaerah Balikpapan Timur berada di kawasan Lamaru dan Manggar.

“Saya berharap tanaman porang yang dibudidayakan petani di Kaltim, mampu menembus pasar luar negeri dan pemerintah bisa mendukung hilirisasi tanaman porang ini dalam bentuk produk kosmetik maupun produk lainnya”harapnya

“Selain itu saya juga berharap kepada para petani porang, hal ini bisa menjadi solusi peningkatan perekonomian di tengah pandemi Covid -19 yang masih melanda bangsa kita dan dengan menanam porang bisa menjadikan sebagai pertanian yang bergengsi di mata dunia”pungkasnya.

Reporter : ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?