Balikpapan

Status PPKM Level 4 Kota Balikpapan Kini Berganti Menjadi PPKM Level 2, Rahmat Minta Masyarakat Tak Kendor Terhadap Prokes

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Pemerintah Kota (Pemkot)Balikpapan telah memastikan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sebelumnya berada di Level 4, kini berbuah menjadi status Level 2.

Hal tersebut di sampaikan langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, SE usai meninjau pelaksanaan vaksinasi masyarakat kota Balikpapan dalam rangka HUT BPD Kaltim -Kaltara  dan HUT  Kopri Ke 50 di Gedung BSCC Dome,Selasa (5/10/2021).

Rahmad mengatakan berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A. yang juga merupakan ketua satgas Covid-19 pusat, bahwasanya Kalimantan Timur termasuk di Balikpapan sudah berada di level 2.

“Tapi kembali saya mengingatkan kepada masyarakat walaupun berada di Level 2, warga masyarakat untuk tidak kendor dengan Protokol Kesehatan (Prokes),”katanya.

Tak hanya itu dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga kota Balikpapan yang telah membantu dan peduli terhadap penerapan prokes kesehatan di Kota Balikpapan ini.

” Jadi semua adalah kerja sama kita saling bahu membahu, pasalnya kalau bukan keterlibatan kita semua untuk saling bergotong royong, ya mungkin kita tidak akan berhasil menurunkannya dari Level 4 ke Level 2.”tuturnya

Menurutnya, turunya status PPKM Level 2 ini juga tak terlepas dari peran Dinas Kesehatan,  kemudian dari nakes,  semua jajaran dan stakeholder yang terlibat, dianggap sangat berjasa sangat luar biasa berperan sehingga Balikpapan berbuah status menjadi PPKM Level 2.

“Sekali lagi atas nama Pemerintah Kota Balikpapan saya mengucapkan terima kasih kepada semua unsur Elemen masyarakat, Semua Jajaran dan Stakeholder yang berperan aktif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di kota Balikpapan”bebernya

“Namun sekali lagi saya menghimbau jangan kendur,  karena Covid-19 masih ada, prokes tetap harus kita jalankan. tapi dengan PPKM evel 2 ini mungkin aktivitas secara ekonomi, secara sosial pasti ada pengenduran, tapi kita jangan lalai,”tambahnya.

Sementara itu, disinggung mengenai kelonggaran-kelonggaran yang diberikan Pemerintah Kota Balikpapan yang kini berstatus PPKM Level 2, Walikota Balikpapan mengatakan, secara perlahan tempat-tempat umum  seperti mungkin bioskop pelan-pelan mulai dibuka.

” Samaa halnya dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)  untuk sekolah dan termasuk juga kegiatan kegiatan lainnya nanti dibuka,” jelasnya.

Untuk PTM nanti akan di koordinasikan dengan Dinas Pendidikan bagaimana simulasinya. Pada intinya untuk saat ini jangan kendor dulu, pelan -pelan dilakukan.

“Untuk PTM mungkin dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat,namun jika nanti ada peningkatan terkonfirmasi Covid-19,  mungkin biasa saja naik level, dan  bisa saja nanti dibatasi kembali,untuk saat ini trend nya sudah mulai turun,” bebernya.

Lebih lanjut Rahmad Mas’ud menjelaskan, faktor turunnya status PPKM ini adalah tingkat vaksinasi yang tinggi, tempat Isolasi terpadu (isoter) yang sudah sedikit.

“Tingkat vaksin kita kan sudah diatas 50 persen hampir 60 persen. Kemudian dari yang di isoter kita termasuk di rumah sakit dan Alhamdulillah di emberkasi kita nol,” bebernya.

Tak hanya itu, pasien Covid-19 di rumah sakit, angka kasus kematian pasien Covid-19 dan kasus positif Covid-19 yang terbilang sangat sedikit.

“Di rumah sakit kita juga sudah ya 3 persenan lah dan itupun juga di isolasi saja. Tingkat kematian juga hari kemarin sudah tidak ada lagi, mudah-mudahan gada, banyak yang meninggal tapi bukan karena Covid-19. Kasus harian juga sudah turun,” pungkasnya.

Reporter ;Oechan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?