Balikpapan

Setelah Dua Kali Rapid Test Hasilnya Reaktif, Maka 768 Calon Petugas Penyelenggara Pilkada, Akan Lakukan Swab Test

Pamungkasnews.id, Balikpapan – Sebanyak 768 calon Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Balikpapan, baik calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Lindungan Masyarakat (Linmas), maupun Badan Pengawas untuk mengikuti tes Swab.

Tes Swab diberikan kepada calon petugas penyelenggara Pilkada ini, setelah dua kali dilakukan Rapid Tast tetnyata hasilnya Reaktif. Untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan terus melakukan pantauan terhadap pelaksanaan swab kepada 768 calon petugas penyelenggara tersebut.

Pelaksanaan pengambilan sampel Spesimen untuk Swab test akan dilakukan selama dua hari 1 dan 2  Desember yang tersebar di Sepuluh titik yakni :

Hari Pertama Tanggal 1 Desember 2020
– Balikpapan Utara (Puskesmas Batu Ampar dan Karang Joang)
– Balikpapan Kota (Puskesmas Prapatan dan Labkesda),
– Balikpapan Tengah (RSUD Beriman dan Puskesmas Mekar Sari).

Hari Kedua Tanggal 2 Desember 2020
– Balikpapan Barat (Puskesmas Baru Tengah dan RSIA Sayang Ibu),
– Balikpapan Timur (Puskesmas Manggar Baru),
– Balikpapan Selatan (Puskesmas Gunung Bahagia).

Saat memantau pengambilan sampel Swab test di Puskesmas Mekar Sari, Walikota Balikpapan mengatakan pelaksanaan Pilkada sudah semakin dekat, menurut informasi yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan,  bila dalam swab test para calon ada yang dinyatakan positif, maka calon petugas tersebut tidak dapat melakukan tugasnya dalam pelaksanaan Pilkada Mendatang.

“Mudah-mudahan semua negatif. Karena dari keterangan KPU, jika hasil mereka positif maka tidak bisa bertugas pada pelaksanaan Pilkada mendatang,” kata Rizal, Selasa (1/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, pihaknya juga telah memberikan informasi jadwal swab test tersebut kepada KPU dan Bawaslu untuk memberitahu calon petugas yang mendapatkan hasil reaktif saat dua kali melakukan rapid test, untuk mengikuti swab test

“Untuk data yang mengikuti swab hari ini belum terkumpul, karena jadwal pelaksanaan sampai besok atau dua hari. Bagi yang swab test hari ini paling cepat diketahui hasilnya besok,” ujarnya Andi

“Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, selama tiga hari pada pekan lalu KPU Balikpapan melakukan rapid test terhadap 13.545 calon KPPS dan Linmas, kemudian didapatkan 1.031 hasil reaktif”tambahnya.

Andi Sri Juliarty juga menjelaskan, bahwa saat KPU melaksanakan Rapid test untuk petugas KPPS dan Linmas, pada waktu yang bersamaan, Bawaslu Balikpapan melakukan rapid test terhadap 1.505 orang calon Pengawas TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“terdapat 132 calon pengawas TPS yang reaktif, sehingga total keseluruhan yang reaktif sebanyak 1.165 orang, kemudian dilakukan rapid test ulang dan kembali mendapatkan 768 orang kembali yang hasil reaktif”pungkasnya.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan melaporkan hari 1 Desember 2020 terdapat penambahan 22 terkonfirmasi positif, 18 selesai isolasi, dan 1 kasus meninggal dunia.

Tim Pamungkas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?