Balikpapan

Sebanyak 1.310 Pemasangan PJU Ditarget Selesai Dalam Tiga Bulan Kedepan

Balikpapan, pamungkasnews.id – Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djaya Leksana mengungkapkan, sebanyak 1.310 pemasangan baru Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kota Balikpapan ditargetkan selesai dalam waktu tiga hingga empat bulan kedepan.

“Sebanyak 1.310 PJU itu pemasangan baru. Alhamdulillah, ini sudah on progress dan proses tender juga sudah selesai. Sekarang lagi proses pengerjaan, harapan kita sekitar tiga sampai empat bulan sudah selesai”, kata Sudirman, Rabu, 9/6/2021.

Dia mengatakan, pemasangan PJU tersebut akan menggunakan bahan lampu jenis LED berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan jenis LHE.

“Alhamdulillah, LED itu dari 11 ribu paling hanya sekitar dua sampai tiga ribu saja yang perlu kita ganti. Itu rencana di tahun ini kita akan coba ajukan di anggaran perubahan, mudah-mudahan yang tadinya menggunakan LHE sudah bisa diganti menggunakan LED semua,” ujarnya.

Terkait pemasangan baru lampu PJU tersebut, Sudirman menjelaskan, akan disesuaikan dengan laporan masyarakat. Kemudian untuk pemasangannya, kata dia, akan dibagikan sesuai dengan kewenangan antara pihak Kelurahan dan Dishub. Pemasangan dibawah 4 meter adalah kewenangan pihak Kelurahan, sedangkan untuk pemasangan di atas 4 meter merupakan kewenangan Dishub.

“Pemasangan PJU akan dilakukan sesuai dengan laporan masyarakat dan di jalan-jalan yang belum ada lampunya. Kemudian ada juga di beberapa lokasi dari hasil laporan dan survei yang pernah kita lakukan”, jelasnya.

Untuk pemasangan lampu yang akan ditangani oleh Kelurahan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Bappeda dan Kelurahan. Pada dasarnya, kata dia, siapapun yang mengerjakan baik pihak Kelurahan maupun Dishub bisa dilakukan. Hanya saja tergantung dari ketersediaan anggarannya.

“Kita harapkan PJU yang tadinya mati yang selama ini ditangani Dishub dengan anggaran yang sangat kecil bisa di selesaikan. Karena Anggaran yang sebelumnya sebesar 6 milliar turun menjadi 2 milliar. Tapi kita harapkan di anggaran perubahan tahun 2021 bisa terealisasi semua apa yang di keluhkan oleh masyarakat”, pungkasnya.

Reporter : Fauzi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?