DPRD Balikpapan

RDP Komisi III, Lurah Minta PJU Tetap Dikelola Dishub

Balikpapan, pamungkasnews.id – Pegelolaan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Balikpapan menjadi pembahasan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPRD Kota Balikpapan dengan Dinas Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), seluruh Camat dan Lurah se Kota Balikpapan diruang Rapat Paripurna, Rabu, 19/5/2020.

Ketua Komisi III Alwi Alqadri menjelaskan, RDP tersebut membahas terkait pengelolaan PJU yang di protes oleh pihak Kelurahan. Walaupun sudah di atur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 130 tahun 2018 yang mengatur tentang sarana dan prasarana di wilayah Kelurahan, pemasangan PJU untuk 4 meter ke bawah merupakan kewenangan Kelurahan dan 4 meter ke atas diberikan kewenangan kepada Dishub.

“Inilah yang menjadi pembahasan dalam RDP ini, makanya kita undang semua. Sesuai dengan Pemendagri nomor 130 tahun 2018 untuk pemasangan PJU 4 meter ke bawah diberikan kepada pihak Kelurahan dan 4 meter ke atas diberikan kepada Dishub, tapi dari pihak Kelurahan memprotes karena tidak siap dengan alasan tidak memiliki skil dibidang itu”, kata Alwi ditemui wartawan usai RDP

Pihak Kelurahan, kata Alwi, meminta agar pemasangan PJU tetap dikakukan oleh Dishub. Karena pihak Kelurahan mengaku tidak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) atau skil dibidang itu.

“Jadi, dalam waktu dekat permasalahan ini akan kita bawa ke Mendagri lagi bersama Dishub untuk dibahas disana, apakah pihak Kelurahan tetap harus menangani pemasangan PJU atau bisa dilimpahkan kembali kepada Dishub. Jika memang nanti Kemendagri tetap memberikan pengelolaan itu kepada Kelurahan, siap tidak siap harus dilaksanakan”, jelasnya.

Terkait dengan anggaran, lanjut Alwi, terbilang sangat kecil yang hanya di alokasikan sebesar 2 miliar. Anggaran tersebut jika di maksimalkan hanya bisa mencakup satu wilayah Kelurahan saja.

“Mudah-mudahan dengan Wali Kota yang baru nanti anggaran untuk PJU bisa di maksimalkan dalam setiap tahunnya, karena PJU ini merupakan salah satu keluhan masyarakat selama ini untuk penerangan lingkungan”, harapnya.

Reporter : Fauzi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?