Balikpapan

Pemkot Balikpapan Melalui PT Pos Indonesia, Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Untuk Warga Terdampak PPKM

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat yang terdampak Pemberlakun Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Rabu (28/7/2021). Bantuan tersebut akan disalurkan melalui PT Pos Balikpapan.

Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud menuturkan, anggaran yang digunakan dalam membantu masyatakat tersebut menggunakan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Pemkot Balikpapan.

“Terdapat sekitar 48. 000 Kepala Keluarga (KK)  yang rencananya akan kami bagikan,” ujarnya, Rabu (27/07/2021)

Rahmad mengatakan Mudahan-mudahan dengan  bantuan yang diberikan Pemkot Balikpapan dapat bermanfaat terkusus untuk masyarakat kota Balikpapan yang terkena dampak dari penerapan PPKM Darurat hingga berlevel.

Alasan diberikan Bantuan langsung Tunai (BLT), yang berupa uang tunai ini  agar dalam perputaran ekonomi khususnya UMKM bisa merasakan juga manfaat APBD yang turun ke masyarakat.

“Itu harapan kami, jaga kesehatan dan Protokol Kesehatan (Prokes),” ucapnya.

Adapun pola pendataannya sudah ada yang terdaftar dari BPKS itu yang akan dibagikan. Artinya pembelkukan PPKM ini ada yang terdampak. Dan yang terdampak itu ada yang dari PKL dan UMKM,  PHK dan Driver-Driver Bandara.

“Jadi sebelumnya kami arahkan mendaftar ke dinas masing-masing. Kalau untuk UMKM daftar ke Diskoperindag. Kalau untuk driver daftar Didishub, dan ada yang di Dinas Sosial, ” bebernya.

Yang jelas dia katakan, untuk bantuan yang diberikan, pihaknya memprioritaskan warga kota Balikpapan. Dan adapun untuk warga luar kota Balikpapan itukan kebijakan dan kalau memang dianggap perlu dibantu pihaknya akan bantu.

“Jangan sampai orang yang tinggal di Balikpapan ini yang kelaparan,”paparnya.

Lebih lanjut dia katakan, hampir sebanyak 700 ribu penduduk kota Balikpapan tidak semua pihaknya jangkau. Oleh karenannya untuk masyarakat yang mampu, ayo kita bersinergi bersama membantu masyarakat.

“Dan mereka yang warga diliuar daerah bantuan ini yang akan kami berikan kepada mereka,” jelasnya.

Pembagian akan dilaksanakan hari ini. Dan untuk kegiatan hari ini seremonial saja, dan kantor pos akan mendekati mereka. Jadi masyarakat tidak perlu datang kemarin. Hal ini diakernakan  kantor pos memiliki tim yang akan dibagi disetiap keluarahan.

“Jadi warga yang menerima juga tidak perlu jauh -jauh datang. Dan ini juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bantuan,” pungkasnya.

Reporter : Fajariah

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?