Balikpapan

Pemkot Balikpapan Gelar Simulasi Pelaksanaan Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di Simpang Lampu Merah

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengggelar simulasi kegiatan memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia, yang dilakukan di simpang Lampu Merah, Plaza Balikpapan, Jln. Jenderal Sudirman, Kecamatan Balikpapan kota, Rabu (11/8/2021).

Dalam pelaksanaan simulasi tersebut, di ikuti langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, SE didampingi Istri tercinta Nurlena Rahmad yang datang dengan menggunakan sepeda motor roda dua miliknya.

Pelaksanaan detik-detik proklamasi pada 17 Agustus mendatang. walikota bersama warga pengguna jalan lainnya akan berhenti sejenak, turun dari kendaraan, sembari berdiri sikap sempurna disamping kendaraan sambil mendengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, R Farnovan mengatakan detik-detik proklamasi nantinya akan dilakukan dengan mendengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” pada pukul 11.17 Wita di simpang Plaza Balikpapan.

“Nantinya lagu kebangsaan akan didengarkan ke warga Balikpapan melalui pengeras suara milik Dishub yang ada di 15 titik simpang Trafic Light”katanya.

Hanya saja, pelaksanaan detik-detik proklamasi tahun ini agak sedikit berbeda. Dimana pada tahun sebelumnya ada pengibaran bendera Merah-Putih di beberapa titik, namun untuk tahun ini pengibaran bendera ditiadakan.

“Mengingat kondisi pandemi yang masih tinggi, jadi pengibaran bendera ditiadakan, hanya mendengarkan lagu kebangsaan saja,” ucapnya.

Pelaksanaan simulasi hari ini direkam dan nantinya akan dibagikan kemasyarakat, sehingga masyarakat mengerti pada pelaksanaan proklamasi nantinya tidak ada lagi masyarakat yang tidak mengerti apa yang harus dilakukan saat 17 Agustus mendatang.

Novan menambahkan, dari 15 titik yang akan dilaksanakan detik-detik proklamasi nantinya antara lain, simpang Plaza Balikpapan, simpang Beruang Madu, Balikpapan Baru, Karang Anyar, simpang Plaza Rapak, Gn Malang dan lainnya.

“Pokoknya semua ada 15 titik yang akan melaksanakan detik-detik proklamasi,” ujarnya.

“Titiknya sama seperti tahun lalu, hanya saja tidak ada pengibaran bendera,” pungkasnya

Reporter : Oechan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?