DPRD Balikpapan

Pembangunan Gedung DPRD Balikpapan di Batalkan, Hanya Dilakukan Renovasi

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Gedung DPRD yang terletak dikawasan Jalan Jenderal Sudirman sudah terlihat usang serta rapuh di bagian Atap, sehingga DPRD berencana akan melakukan perluasan bangunan gedung DPRD namun akhirnya dibatalkan, meskipun anggaran sudah tersedia.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi III DPRD Balikpapan yang juga merupakan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Balikpapan, Alwi Al Qadri.

Alwi menjelaskan, pihaknya tidak bisa merealisasikan perluasan gedung DPRD, Pasalnya Detail Engineering Design (DED) yang sudah keluar untuk pembangunan gedung DPRD Balikpapan yang baru, di Kantor Satpol PP.

Sedangkan syarat perluasan gedung DPRD tersebut yakni DED, pembangunan gedung DPRD di Kantor Satpol PP harus dihapuskan terlebih dahulu dengan meminta persetujuan Wali Kota Balikpapan.

“Jadi kendala kita DED. Sebabnya DED sudah ada di kantor Satpol PP dan juga tidak boleh membangun di tempat berbeda, kita tidak bisa menghapus DED. Kalau menghapus DED harus minta persetujuan Wali Kota”katanya, Selasa (24/08/2021).

Kondisi gedung DPRD saat ini, kata Alwi sudah over kapasitas. Hal itu mengakibatkan para anggota dewan yang berkantor harus dalam kondisi berdesakan apabila melakukan rapat atau pertemuan dengan mitra kerja.

Belum lagi ruangan rapat gabungan dan rapat paripurna yang sudah tidak mencukupi untuk menampung para wakil rakyat beserta undangan yang hadir.

“Sejujurnya kalau dibilang butuh, sangat butuh,bisa dilihat di ruangan komisi, kapasitas ruangan sudah tidak cukup, begitu ada tamu datang 5-10 orang sudah tidak muat. Ini dasar kami sebenarnya meminta perluasan”tuturnya

Menurut Alwi kegiatan renovasi menjadi langkah terakhir untuk menyikapi keterbatasan kapasitas gedung DPRD Balikpapan, meski kegiatan ini tidak sama dengan perluasan.

Dia menuturkan, adapun pembangunan gedung DPRD di lokasi Satpol PP sampai saat ini belum bisa direalisasikan terkait besarnya anggaran yang dibutuhkan sebesar 3 Miliar.

“Kemarin hasil rapat badan anggaran, perluasan kantor DPRD yang rencananya Rp 17,5 miliar namun itu batal, hanya nantinya akan dilakukan renovasi saja dengan Anggarannya Rp 2,5 miliar,” pungkasnya

Reporter : Faz

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?