Nasional

Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Heri Wiranto Pantau Langsung Latihan Bersama (Garuda Shield), Pasukan TNI AD – US Army

Samboja, Pamungkasnews.id – Pasukan TNI AD – US Army melakukan latihan bersama, yang laksanakan di wilayah Pantai Tanah Merah, Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kamis (05/08/2021)

Dalam latihan tersebut Pangdam IV/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto memantau langsung latihan bersama yang bertajuk Garuda Shield ke 15 tahun 2021 tersebut.

Pasukan kedua negara ini bergerak dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan kapal US Army LCU 2000 dan kapal Adri 45 milik TNI AD pada pukul 03.00 Wita dini hari dan tiba di Pantai Tanah Merah pukul 07.00 Wita.

Kemudian kedua pasukan melakukan pendaratan dengan menggunakan perahu LCR menuju daratan dengan jarak 1.800 meter yang diskenariokan dalam sebuah serbuan pantai, untuk mengasah kemampuan dalam pertempuran darat yang akan dilaksanakan hingga 14 Agustus 2021 mendatang.

Selanjutnya latihan ini, pasukan dari kedua negara yang masing-masing berjumlah 108 prajurit akan melakukan latihan bersama di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) yang berlokasi di Kelurahan Amborawang, Kecamatan Samboja.

“Di hari pertama dalam latihan ini di skenariokan pasukan melakukan pendaratan di pantai dan melakukan serbuan. Selanjutnya latihan ini akan dilakukan di darat,” jelas Pangdam IV/Mulawarman Mayjen TNI Herri Wiranto

Pangdam juga mengatakan, serbuan pasukan dari pantai menuju daratan tersebut merupakan salah satu materi dalam latihan pertempuran darat.

“Dalam materi serbuan menuju daratan ini kita berharap semua pasukan dapat memiliki kemampuan dalam operasi tempur darat,” pungkas Pangdam.

Pelaksanaan latma Garuda Shield ini ditinjau langsung oleh Irjenad Letjen TNI Benny Susianto dan disaksikan Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Kasuri.

Untuk diketahui, latihan bersama antara TNI AD dan US Army ini secara resmi di buka oleh KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Commanding General US Army Pasifik (USARPAC) di Puslatpur TNI AD Batu Raja, Sumatera Selatan, Rabu, 4/8/2021.

Latihan bersama Garuda Shield ke 15 tahun 2021 merupakan latihan terbesar dengan melibatkan 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 prajurit US Army.

Reporter : FZ

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?