Peristiwa

Musibah Kebakaran di Gunung Polisi, Hanguskan 11 Rumah Warga

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Kebakaran kembali gegerkan warga kota Balikpapan. Musibah kali ini terjadi diwilayah RT 38 dan RT 46 Jalan Arjuna Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat. Sebanyak 11 rumah warga hangus dilahap Sijago merah, Kamis (18/03/2021).

Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 16.30 WITA. Diketahui pertama kali api terlihat disalah satu rumah warga RT 38 yang bernama Wanana.

Mengetahui adanya kebakaran Sontak saja warga langsung berusaha memadamkan api walaupun dengan peralatan seadanya.

Karena berada di dataran tinggi dengan hembusan angin yang cukup kencang, membuat kobaran api membesar dan sulit dikendalikan, sehingga menghanguskan 11 pemukiman warga hanya dengan hitungan menit.

Api dapat dipadamkan setelah Badan Penanggulangan Badan Bencana Daerah (BPBD) tiba di lokasi dengan mengerahkan Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran dari seluruh UPT yang ada dikota Balikpapan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, akibat kebakaran yang terjadi Seditkitnya 13 Kepala Keluarga (KK) serta 59 Jiwa kehilangan tempat tinggal usai rumah miliknya dilalap si jago merah.

Usman Ali selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Balikpapan menuturkan jika dirinya mendapatkan informasi adanya terjadi kebakaran pada pukul 16:30 diwilayah Gunung Polisi.

“Kita mendapatkan informasi pada pukul 16.30 wita, ternyata benar ada kebakaran di Gn Polisi,” ucapnya.

Usman mengatakan setelah mendengar terjadinya kebakaran petugas DPBD bergerak cepat menuju ke lokasi, untuk melakukan pemadaman. Hingga saat ini belum dapat dipastikan penyebab kebakaran, pasalnya tim yang ada dilokasi tengah melakukan pendinginan.

“Kita masih menunggu penyelidikan dari pihak kepolisian terkait penyebab kebakaran, yang pasti tidak ada korban. Namun kerugian ratusan juta rupiah,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Balikpapan Barat AKBP Imam Tauhid SH yang tiba dilokasi kejadian bersama Camat Balikpapan Barat Arif Fadillah menuturkan api diduga berasal dari rumah milik Daimah.

Dimana pemilik rumah sendiri tidak tinggal dirumah tersebut, melainkan tinggal di daerah Balikpapan Utara. Rumah Daimah saat ini ditempati Wanana bersama adiknya.

“Asal mulai api diketahui dari Rumah yang ditempati Wanana, yang mana diketahui rumah tersebut milik Ibu Daimah” Katan Imam Tauhid.

“Kita masih cari keberadaan ibu Daimah, yang mana hingga saat ini ibu Daimah masih belum kita ketahui keberadaannya, kemungkinan masih ada disekitar sini,” tutupnya.

Sementara itu ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Baru Ilir Taufik Qul Rahman yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Balikpapan mengatakan, sebanyak 11 Rumah Warga habis terbakar, yakni 5 Rumah Warga di RT 38 dan 6 Rumah milik Pertamina di RT 46.

“Saya turut prihatin atas peristiwa yang menimpa warga RT 38 dan 46,.. Ya akibat dari peristiwa ini sedikitnya 59 jiwa kehilangan tempat tinggalnya”kata Taufik.

Reporter : hendry

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?