DPRD Balikpapan

Ketua Komisi II DPRD Balikpapan : Swalayan yang Tak Berizin Harus Ditertibkan

Balikpapan, pamungkasnews.id – Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan H. Haris menegaskan, sebanyak 163 dari 234 swalayan yang tersebar di Kota Balikpapan diantaranya Alfamidi, Indomaret, Alfamart, maupun swalayan lokal yang masa perizinannya habis untuk segera melakukan perpanjangan.

“Kami minta swalayan yang belum mengurus perpanjangan izinnya untuk segera mengurusnya kepada instansi terkait. Jika tidak, kami akan melakukan penegasan untuk meminta Satpol PP untuk melakukan tindakan penutupan terhadap swalayan tersebut. Tentunya dengan mekanisme yang ada”, ujar H. Haris kepada wartawan, Senin,( 26/4/2021)

Dia mengatakan, pihaknya sebagai pengawasan juga telah meminta kepada dinas terkait untuk memberikan tindakan tegas melalui surat teguran hingga penutupan operasional kepada 163 swalayan tersebut jika masih bandel.

“Izin swalayan hanya berlaku selama 2,5 tahun. Jadi, selanjutnya harus di perpanjang, jika tidak, maka swalayan tersebut harus ditutup. Ini baru teguran pertama yang dilayangkan oleh dinas terkait, selanjutnya teguran kedua akan dilayangkan, jika masih belum mengurus izin, setelah yang ketiga kali teguran nanti juga masih bandel dan belum mengurus perpanjangan, maka sebaiknya swalayan tersebut harus ditertibkan. Berarti tidak punya niat baik”, ujarnya.

Menurut dia, dalam kondisi Covid-19, pemerintah juga telah memberikan kelonggaran kepada swalayan yang izinnya habis masa berlakunya.

Jika setelah teguran ketiga dari dinas terkait tidak direspon, kata dia, pihaknya akan memanggil dinas terkait seperti Dinas Perdagangan, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT), serta Satpol PP untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait penindakan selanjutnya.

“Nanti kita akan panggil Dinas Perdagangan, DPMPT, dan Satpol PP, jika memang tidak ada respon dari swalayan setelah teguran ketiga. Kita akan lakukan RDP untuk penindakan selanjutnya. Tapi kita tunggu saja dulu ketegasan dari pemerintah kota dalam hal ini dinas terkait. Yang jelas swalayan yang tak berizin harus ditertibkan”, kata dia.

Reporter : Fauzi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?