Kriminal

Ketiga Pelaku Pencurian Kabel Menempuh Jalan Restorative Justice Dengan Pelapor

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Ketiga pelaku pencurian kabel tembaga berinisial SL, FR dan AF yang telah diamankan tim Jatanras Ditreskrimum Polda Kalim pada Jum’at (26/3) lalu, akhirnya memasuki babak akhir.

Ketiga pelaku telah mendapat “Restorative Justice” dengan pihak pelapor, Hal tersebut disampaikan Kasubdit Jatanras Polda Kaltim AKBP Agus Puryadi saat menggelar pres rilis di Mapolda Kaltim, Jln Syarifuddin Yoes, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan (Balsel), Kamis (8/4/2021).

Perlu diketahui maksud dari “Restorative Justice ” yakni alternatif dalam sistem peradilan pidana dengan mengedepankan pendekatan integral antara pelaku dengan korban dan masyarakat sebagai satu kesatuan untuk mencari solusi serta kembali pada pola hubungan baik dalam masyarakat.

AKBP Agus mengungkapkan, jika ketiga pelaku tersebut telah berdamai dengan pihak korban yang mana merupakan pelapor, hal ini didasari karena ketiga pelaku Pencurian Kabel mau bertanggung jawab dan mengganti rugi atas kerusakan yang telah ditimbulkan dari aksinya.

“Kerusakan yang dimaksud ialah, saat melakukan aksinya ketiga pelaku melakukan penggalian tanah untuk mengambil kabel yang terbenam didalam tanah tersebut, akibat dari penggalian tersebut terjadi kerusakan badan jalan”ungkapnya

“dan pelaku sepakat mau mengembalikan kerusakan jalan akibat perbuatan yang dilakukan ketiga pelaku saat mengambil kabel tersebut didalam tanah”lanjut AKBP Agus.

“Kita sepakat perkara ini menemuk babak akhir yakni antara pelaku dan pelapor menempuh jalur damai dan menyepakati akan memperbaiki kerusakan akibat galian yang dilakukan pelaku,” tuturnya.

AKBP Agus menjelaskan jika aksi yang dilakukan pelaku dengan cara menggali jalan dengan menggunakan beberapa peralatan seperti cangkul dan lainnya sedalam 2 meter.

Kemudian, saat menggali menemukan kabel tembaga milik Telkom dan mengingatnya ke Truk, selanjutnya ditarik menggunakan truk.

Nantinya, barang bukti yang diamankan setelah Restoratif Justice selesai akan dikembalikan kepada tersangka.

“Kita selesaikan dulu perdamaian antara pelaku dan pelapor, selanjutnya barang bukti akan kita serahkan ke pelaku setelah upaya damai ini selesai,” pungkasnya

Reporter :oechan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?