DPRD Balikpapan

DPRD Gelar Rapat Paripurna Bahas Tiga Raperda Dan Pengumuman Usulan Pengangkatan Laisa Hamisah

PAMUNGKASNEWS.ID, BALIKPAPAN – DPRD Balikpapan menggelar rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi terhadap nota penjelasan wali kota atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Balikpapan.

Raperda tersebut meliputi, APBD 2024, sistem kesehatan daerah dan perubahan Perda Nomor 8/2012 tentang pembentukan Kecamatan Balikpapan Kota dalam wilayah Kota Balikpapan. Selain itu, dirangkai pengumuman usulan pengangkatan Laisa Hamisah sebagai Pimpinan DPRD Balikpapan, Senin (30/10/2023).

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh mengaku ketiga raperda tersebut telah disampaikan Wali Kota Balikpapan pada 13 September 2023. “Dalam nota penjelasannya, disebutkan bahwa pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp 3.33 triliun dan belanja daerah dianggarkan sebesar Rp 3.66 triliun,” ucapnya.

Ia mengatakan rencana belanja daerah tersebut diprioritaskan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mencangkup penurunan stunting, reformasi sistem kesehatan, penghapusan kemiskinan, kesejahteraan sosial dan penguatan fasilitas dan akses pendidikan. “Selain itu juga diprioritaskan penguatan infrastruktur ekonomi untuk penganggaran 2024,” ungkapnya.

Terkait penyampaian pandangan umum fraksi, ia menyampaikan secara umum masih normatif saja atas nota penjelasan Wali Kota Balikpapan untuk APBD 2024.

“Normatif sajalah, artinya proses-proses pembangunan yang tertunda di 2023 ya harus dilaksanakan pada 2024 mendatang. Kemudian yang belum dialokasikan anggarannya, segera dianggarkan,” terangnya.

Terkait digantikannya Subari dengan Laisa Hamisah sebagai Wakil Ketua III DPRD Balikpapan, ia menjelaskan secara persetujuan sudah disetujui, tinggal menunggu keputusan gubernur untuk angka keuangannya seperti tunjangan dan lainnya sebagai unsur Pimpinan DPRD Balikpapan. “Baru boleh duduk di depan saja tadi,” tuturnya.

Sementara untuk Subari, dikatakannya duduk sebagai anggota biasa. Begitu juga dengan jabatan Ketua Komisi I DPRD Balikpapan masih dalam proses. “Nanti ada rapat internal komisi saja untuk memilih ketua penggantinya, bisa jadi dari PKS, Golkar, bisa juga dari PDIP. Tergantung keputusan internal komisi,” jelasnya.

Sekretaris Kota (Sekkot) Balikpapan, Muhaimin mengucapkan selamat kepada Laisa Hamisah yang telah duduk sebagai unsur pimpinan DPRD Balikpapan.

“Kami ucapkan selamat bekerja dengan maksimal, kemudian tetap sinergi dan kolaborasi karena selama ini pemerintah kota dan DPRD Balikpapan sudah sangat sinergi dalam mengawal program pemerintah. Mudah-mudahan menjadi penyemangat baru bagi Pak Laisa untuk lebih mengabdi kepada masyarakat,” harapannya

Reporter : Tin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

21 + = 23

Back to top button
×