Balikpapan

Fauzi Adi Firmansyah Resmi Dilantik Sebagai Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar Priode 2021-2024

Balikpapan, Pamungkasnews.id- Pengukuhan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Batu Ampar, Priode 2021 -2024, digelar di Gedung Serba Guna, Kelurahan Batu Ampar, Rabu (10/11/2021).

Fauzi Adi Firmansyah yang terpilih secara aklamasi untuk menahkodai LPM Kelurahan Batu Ampar tiga tahun kedepan, nampak semangat dalam melaksanakan pelantikan dirinya sebagai Ketua LPM.

Dalam acara pelantikan ini juga nampak dihadiri Camat Balikpapan Utara Mahendar Candra, Perwakilan Lurah Batu Ampar, Kepala Seksi Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, Mardanus, Lbaga kelurahan Batu Ampar, Ketua RT dan beberapa tamu undangan lainnya.

Saat di temui Awak media, usai menggelar Pengukuhan Pengurus LPM Kelurahan Batu Ampar, Fauzi Adi Firmansyah yang akrab di sapa Adi ini mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga atas suksesnya acara Pengukuhan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Elemen masyarakat dan panitia yang ikut mendukung kegiatan ini, hingga berjalan dengan sukses. Terima kasih juga saya ucapkan kepada para undangan yang telah menghadiri kegiatan ini”ucap Adi.

Prosesi Pelantikan Pengurus LMP Batu Ampar

Saat disinggung terkait Program kerja LPM Batu Ampar, Adi mengatakan bahwa berkaitan dengan program kerja, sudah berjalan dari dua bulan yang lalu, baik pembangunan lingkungan sampai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Batu Ampar.

“Jadi pengukuhan ini adalah sebagai bentuk pemantapan dari anggota-anggota kita LPM Batu Ampar. Terutama dalam menumbuhkan kebersamaan , kesatuan, sehingga program kerja LPM yang akan kami laksanakan kedepanya nanti seperti pelatihan komputer dan sertifikasi las, dapat berjalan dengan baik,” Bebernya.

Terkait dua Program yang sudah disusun, Adi berencana dalam waktu dekat ini akan meloucing dua program tersebut, adapun mekanisme dalam pelaksanaannya nanti, masing-masing RT diminta untuk mengirimkan perwakilannya dalam mengikuti pelatihan tersebut sejumlah 1 orang.

“Jadi bertahap, kalau ditotal untuk satu angkatan seluruhnya berjumlah 77 orang untuk mengikuti pelatihan itu nantinya,” katanya.

Sementara untuk program pelatihan komputer pihaknya akan memprioritaskan IT yang ada dimasing-masing RT, yang belum tau atau familiar dengan komputer sehingga mempermudah dalam menyerap aspirasi dari ketua RT.

“Dan untuk program sertifikasi las, kami prioritaskan warga yang belum memiliki sertifikasi las,” pungkasnya.

Sambutan Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar

Sementara itu Camat Balikpapan Utara Mahendar Candra yang melantik Pengurus LPM Batu Ampar menuturkan, LPM adalah lembaga yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan.

Dimana tujuan LPM adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Hal tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 18 tahun 2018. Dimana LPM bertugas membantu kepala desa atau lurah dalam menyerap aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa dengan swadaya gotong royong.

“Oleh karenanya di masa sekarang, LPM hendaknya mampu tampil menjadi dinamisator, katalisator, dan mitra selaku kelurahan dan mampu menujukan eksistensi dalam membantu keluarahan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan kota Balikpapan”jelanya Camat Balikpapan Utara.

“Hal tersebut untuk terwujudnya Balikpapan sebagai kota terkemuka yang nyaman dihuni, modern dan sejahtera dalam bingkai madinatul iman,”tambahnya.

Mahendra juga menjelaskan berkaitan dengan wacana pemindahan ibu kota negara di Kalimantan. Diharapkan peran LPM kedepan dapat mendorong masyarakat agar lebih aktif, dalam mendukung mempersiapkan kota Balikpapan sebagai daerah penyangga IKN.

“Kami jaga mengapresiasi program kerja yang dicanangkan LPM Kelurahan Batu Ampar, seperti pelatihan teknik komputer, pelatihan sertifikasi las, dan peningkatan UMKM”tuturnya.

” Semoga program-program seperti ini yang bermanfaat untuk masyarakat tentunya dapat terus berlanjut dan dikembangkan lagi kedepannya,”pungkasnya.

Reporter :ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?