Balikpapan

Cetak Atlet Berbakat, Kali Pertama PBFI Balikpapan Gelar Kejuaraan Binaraga dan Body Fitness

Balikpapan, Pamungkasnews.id – Kejuaraan Binaraga dan Body Fitness Balikpapan Cup 2021 yang digagas Persatuan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI) kota Balikpapan ini, sebagai bentuk partisipasi dalam rangka memeriahkan HUT kota Balikpapan ke 124.

Dalam event kali ini PBFI kota Balikpapan merekomendasikan Tujuh juri untuk ditugaskan dalam kejuaraan Binaraga dan Body Fitnes, mulai dari memimpin acara timbang badan, teknical meeting bagi para peserta, sampai pada pertandingan akan menjadi tugas para juri untuk menilai.

Tujuh juri yang bertugas yakni Benny Ciptawijaya sebagai dewan juri (Pengprov PBFI Jawa Barat), Hendra RA (Pengprov PBFI Kaltim), Ridho Tantowi (Pengkot PBFI Samarinda), Salehudin (Pengkab PBFI PPU), Apul Rudianto (Pengkab PBFI Kutai Timur), Koko Jupliansyah (Pengkot PBFI Balikpapan), dan Sukri (Pengkot PBFI Balikpapan).

Kejuaraan akan digelar di Pentacity Mall  Balikpapan Super Blok (BSB), pada hari Minggu, 14 Maret 2021 dan pengawas pertandingan akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PP PBFI Irwan Alwi.

Terkait perkembangan olahraga Body Fitness di Indonesia, Ketum PP PBFI Irwan Alwi mengatakan, bahwa PBFI sudah diakui oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) serta Menteri Pemuda dan Olahraga,  sehingga pembinaan para atlet diperlakukan sama dengan cabang olahraga yang lainnya.

Sementara untuk mengadakan event di tingkat Nasional masih terkendala, hal ini diakibatkan Pendemi Covid – 19 yang masih menyelimuti Negara Indonesia.

“Kami mengajukan even kejuaraan tingkat nasional, tetapi masih ditolak oleh Kapolri dan Menpora karena masih covid-19,” ujarnya.

Untuk event yang akan berlangsung di kota Balikpapan, ini kali pertama PBFI menggelar kejuaraan, semua ini berkat kerja keras pengurus kota (pengkot) PBFI Balikpapan dalam menggagas kejuaraan tersebut.

“Kejuaraan ini baru pertama kali yang diadakan PBFI Balikpapan. Acara ini diharapkan nantinya bisa terkoneksi dengan event selanjutnya yakni event Pra Porprov Kaltim yang akan diadakan tahun 2021,” ujarnya.

Tak sampai di situ, sukses ikut ambil bagian dalam Porprov Kaltim selanjutnya bisa dilaksanakan lagi pra PON XX Tahun 2021.  Namun demikian, untuk ikut dalam ajang PON XX tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Papua, Ketum PP PBFI Irwan Alwi mengatakan saat ini masih memperjuangkan agar kejuaraan Body Fitness bisa masuk sebagai salah satu cabang olahraga (Cabor).

“Saat ini kami sedang mengusulkan agar Body Fitness bisa masuk PON. Nanti untuk pra PON, bisa kita adakan di Kaltim,” ujar irwan yang disambut applaus ratusan peserta dan undangan.

Irwan menuturkan saat ini PBFI juga sedang mempersiapkan seleksi atlet nasional yang akan dikirim dalam kejuaraan tingkat internasional.

“Paling tidak, PBFI akan mengirimkan dua atlet ke tingkat internasional. Untuk itu akan diadakan seleksi tingkat nasional untuk mengambil dua atlet terbaik,” tuturnya.

Dalam kesempatan kali ini Irwan Alwi meminta agar para komunitas fitnes agar selalu giat berlatih untuk meraih prestasi.  “Teruslah giat berlatih dan rajin ikut kejuaraan untuk meraih prestasi,” tegasnya.

Saat dalam timbang badan, aroma kejuaraan sudah mulai terasa. Ketika para peserta buka baju untuk timbang badan, keriuhan sudah terdengar, bahkan ada yang sudah berani menebak calon juara dengan melihat postur tubuh peserta.

Adapun kejuaraan yang diadakan mengambil kelas Mens Baginer, Mens Sport Physique dan Mens Fitnes Physique. Peserta tidak hanya dari Balikpapan. Ada juga dari Penajam Paser Utara, Grogot, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang dan Kutai Timur.

Ketua Penurus Kota (Pengkot) PBFI Balikpapan Abdulloh menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Balikpapan, Kapolresta Balikpapan, serta Satgas Covid-19 Kota Balikpapan yang telah memberikan rekomendasi penyelengaraan kejuaraan Binaraga dan Body Fitness.

Menurut Abdulloh, relaksasi kegiatan masyarakat tersebut sejalan dengan kebijakan Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) yang telah memperbolehkan penyelenggaraan event dan telah mendapat restu dari Kapolri.

“Yang terpenting protokol CHSE (cleanliness, health, safety, and environment) dijalankan, Itu saja yang mestinya menjadi perhatian, bukan menghambat kegiatan masyarakat,” tegas Ketua DPRD Kota Balikpapan ini.

Untuk diketahui, kejuaraan Binaraga & Body Fitness bertajuk Balikpapan Cup 2021 akan dihelat pada Minggu (14/03/2021). Perhelatan kejuaraan ini telah direncanakan sejak Pengkot PBFI Balikpapan terbentuk pada November 2020. Momen ulang tahun ke-124 Kota Balikpapan menjadi pertimbangan utama penyelenggaraan kejuaraan ini.

Reporter : Oechan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?