DPRD Balikpapan

Abdulloh Resmi Lantik Suwanto Sebagai Anggota DPRD Balikpapan Gantikan Riri Saswita Diano

Balikpapan, Pamungkasnews.id  – DPRD kota Balikpapan kembali menggelar Sidang Paripurna Istimewa dengan agenda Pelantikan anggota DPRD Pergantian Antar Waktu (PAW) di sisa periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Sidang  Paripurna Pelantikan dan Pengambilan Sumpah yang digelar di ruang rapat Paripurna DPRD kota Balikpapan, di pimpin langsung ketua DPRD kota Balikpapan Abdulloh, S.sos yang di dampingi Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan dan dihadiri Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Anggota DPRD Balikpapan, Ketua KPU Kota Balikpapan serta OPD di lingkungan Pemerintah Kota ( Pemkot) Balikpapan, Jumat (7/05/2021).

Perlu diketahui, dilantiknya Suwanto ST untuk menggantikan anggota DPRD Riri Saswita Diano dari Partai PDI Perjuangan yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Suwanto merupakan kader PDI Perjuangan dari dapil Balikpapan Tengah dan menempati urutan perolehan suara terbanyak di bawah Riri Saswita Diano pada Pileg 2019 lalu.

Penanda tanganan Fakta Integritas

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengatakan bahwa PAW Riri Saswita yang  digantikan Suwanto telah melalui  mekanisme prosedural yang telah ditentukan, mulai dari pengajuan usulan hingga terbitnya SK Gubernur Kalimantan Timur.

“Setelah SK Gubernur turun dilanjutkan dengan proses pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai anggota DPRD ” kata Abdulloh.

Proses jalannya pelantikan dilakukan dengan pembacaan SK Gubernur, kemudian Pembacaan sumpah yang dibacakan ketua DPRD Abdullloh dan diikuti Suwanto, dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas sekaligus membacakannya dihadapan para anggota DPRD lainnya dan tamu undangan.

Abdullah juga menjelaskan bahwa pasca dilantik Suwanto menjadi anggota DPRD kota Balikpapan, posisinya langsung berada di Komisi II. Hal ini sesuai dengan posisi yang digantikan dan juga berdasarkan UU yang memperbolehkan PAW menggantikan posisi semula.

“Tidak ada perubahan posisi Suwanto langsung bergabung di komisi II sesuai posisi yang telah di gantikan, ini juga sudah sesuai UU yang memperbolehkan PAW menggantikan posisi semula”jelas Abdulloh.

Dalam kesempatan tersebut Abdulloh menyampaikan terima kasih kepada keluarga Almarhum Riri Saswita Diano atas pengabdian dan kontribusi yang telah diberikan almarhum dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Disamping itu, Abdulloh menyampaikan atas nama DPRD kota Balikpapan meminta kepada anggota DPRD yang baru dilantik agar segera menyesuaikan diri dan mempelajari Tata Tertib (tatib) DPRD dengan kode etiknya

“Yang mana hal tersebut merupakan pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan” tuturnya.

Usai dilantik, dihadapan awak media Suwanto menuturkan jika dirinya masih membutuhkan adaptasi terlebih dahulu sebagai anggota DPRD.

Dirinya akan berjuang untuk Daerah Pemilihan (Dapil) dirinya di Balikpapan Tengah (Balteng), terutama pembangunan gedung sekolah dan untuk kepolisian belum adanya Polsek di wilayah Tengah.

“Sebagai anggota DPRD yang baru saya perlu beradaptasi terlebih dahulu, dan juga akan memperjuangkan seluruh aspirasi masyarakat di dapil saya”katanya.

Reporter : Ags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?