Balikpapan

Tekan Penyebaran Covid, Fauzi Adi Firmansyah Serahkan 20 Ribu Masker Kepada Lurah Batu Ampar

Balikpapan, pamungkasnews.id – Tokoh masyarakat Kelurahan Batu Ampar, Fauzi Adi Firmansyah menyerahkan 20 ribu masker untuk masyarakat di 70 RT se Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara.

Fauzi Adi Firmansyah (kiri) menyerahkan masker dan thermogun secara simbolis kepada Lurah Batu Ampar, Mardanus (kanan) didampingi Duta Masker Balikpapan, Kasmadi (tengah) di Rumah Makan Cocom, Jalan Pattimura, Batua Ampar, Balikpapan Utara, Jum’at, 29/1/2021

Pembagian masker ini menyusul meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Balikpapan secara signifikan. Hingga per tanggal 28/1/2021 tembus di angka akumulatif 9.360

Dari angka tersebut, sebanyak 388 pasien menjalani perawatan di rumah sakit, sebanyak 1.310 pasien menjalani isolasi mandiri, dan sebanyak 7.316 pasien sembuh.

Bahkan, penyebaran Covid-19 di Kecamatan Balikpapan Utara menempati urutan pertama, dengan angka 421 kasus, disusul Kecamatan Balikpapan Selatan dengan angka 344 kasus, kemudian Balikpapan Kota 216 kasus, Kecamatan Balikpapan Tengah 201 kasus, Kecamatan Balikpapan Barat 163 kasus, dan Kecamatan Balikpapan Timur 149 kasus.

Dengan meningkatnya penyebaran kasus Covid-19 tersebut, Fauzi Adi Firmansyah yang juga merupakan adik kandung Ketua DPRD Balikpapan ini mengaku turut prihatin. Sebab, jika penyebaran Covid-19 terus meningkat akan berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

Untuk menekan terjadinya hal itu, Fauzi Adi Firmansyah sapaan akrab Adi ini menyerahkan 20 ribu masker kepada Kelurahan Batu Ampar yang diterima langsung Lurah Batu Ampar, Mardanus, didampingi Duta Masker Balikpapan Kasmadi.

Penyerahan masker dilakukan secara simbolis yang disaksikan oleh 20 perwakilan Ketua RT di Rumah Makan Cocom di Jalan Pattimura, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Jum’at, 29/1/2021.

“Penyerahan bantuan 20 ribu masker ini berawal dari keprihatinan saya terhadap kasus Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020, hingga saat ini menginjak tahun kedua kasus tersebut justru semakin meningkat. Berangkat dari itulah saya ingin memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat Batu Ampar, karena saya juga warga Batu Ampar”, ucap Adi disela penyerahan masker kepada pamungkasnews.id.

Penyerahan Masker dan Thermogun Kepada Duta Masker

Adi mengatakan, bantuan masker tersebut juga untuk mendukung kerja keras Lurah Batu Ampar bersama Duta Masker Balikpapan yang setiap saat melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Kelurahan Batu Ampar.

“Kerja keras Lurah Batu Ampar dan Duta Masker Balikpapan hampir setiap saat kita temui dilapangan mendatangi masyarakat melakukan sosialisasi dan imbauan protokol kesehatan. Tentunya untuk menekan penyebaran Covid-19”, ujarnya.

Untuk mendukung hal itu, kata Adi, bantuan masker diberikan melalui Kelurahan. Selanjutnya pembagian masker tersebut akan dibagikan oleh pihak Kelurahan kepada masyarakat melalui masing-masing Ketua RT.

Melalui pembagian masker itu, peran seluruh Ketua RT diharapkan bisa memberikan imbauan kepada warganya tentang pentingnya penggunaan masker dan bahaya Covid-19.

“Penanganan Covid-19 ini harus kita lawan bersama, minimal bisa mendisiplinkan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, sering mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak”, katanya.

Selain menyerahkan bantuan masker, Adi juga menyerahkan bantuan 5 thermogun yang di khususkan untuk Kantor Kelurahan Batu Ampar, Ketua LPM, Babinsa, dan Bhabinkamtimas.

Adi berharap, bantuan yang diberikannya dapat memberikan contoh yang positif untuk masyarakat di Kelurahan Batu Ampar.

“Saya berharap bantuan masker ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat, bahwa penggunaan masker itu penting, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Karena Covid-19 ini tidak kelihatan, tapi ada”, tukasnya.

Sementara itu, Lurah Batu Ampar Mardanus mengapresiasi kontribusi yang dilakukan oleh Fauzi Adi Firmansyah sebagai tokoh masyarakat di Kelurahan Batu Ampar, yang telah memilki peran membantu pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 melalui pembagian 20 ribu masker untuk masyarakat.

“Bantuan masker ini akan dibagikan langsung kepada masyarakat melalui Ketua RT masing-masing. Ada 70 RT se Kelurahan Batu Ampar, per RT nanti akan mendapatkan jatah masker sebanyak 5 Boks, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menekan angka peningkatan Covid-19”, ujar Mardanus.

Untuk pembagian masker, kata Mardanus, akan dibagikan dua hari sebelum peringatan HUT Kota Balikpapan yang ke 124 tahun 2021.

“Kami juga berharap, bagi teman-teman yang memiliki kepedulian di Kelurahan Batu Ampar agar terus memberikan sumbangsihnya, gotong royong untuk menangani Covid-19 secara bersama”, harapnya.

Tidak hanya berupa masker, lanjut Mardanus, bisa saja dengan melakukan penyemprotan disenfektan dilokasi-lokasi yang memang terindikasi ada Covid.

“Bagi teman-teman yang memiliki kepedulian untuk penyemprotan disenfektan, cukup menyediakan bahannya saja dan peralatan, untuk tenaga kita dari pihak kelurahan yang menyiapkan”, ungkapnya.

Disamping itu, dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Kelurahan Batu Ampar, pihaknya berencana akan melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di malam hari khusus ditingkat Kelurahan.

“Kita punya rencana akan memberlakukan PPKM untuk tingkat kewilayahan. Misalnya, aturan tersebut kita mulai dari pukul 20.00 WITA, warga yang dari luar komplek akan dilarang masuk, kecuali warga yang memang tempat tinggalnya didalam komplek itu baru diperbolehkan keluar masuk, tapi tetap dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat”, katanya.

Rencana menerapkan aturan tersebut, Mardanus mengatakan telah melakukan sosialisasi ditingkat RT. Hanya saja masih menunggu petunjuk teknis dari Walikota Balikpapan

“Kita masih menunggu petunjuk teknis dari pak Walikota, apakah PPKM yang berakhir pada 29/1 masih diperpanjang atau tidak, kita tunggu nanti. Jika PPKM itu diperpanjang, maka akan kita lakukan itu, untuk keselamatan kita bersama dari bahaya Covid-19”, tandasya.

Reporter : Ag/Fauzi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?