KPU Balikpapan

KPU Terapkan Aplikasi SIREKAP Pada Pilkada Serentak 9 Desember Mendatang

Pamungkasnews.id, Balikpapan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) terkait Pemungutan dan Penghitungan suara dengan menggunakan Aplikasi SIREKAP (System Informasi Rekapitulasi Pilkada) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 9 Desember 2020 mendatang.

Bimtek diberikan bagi anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan yang ada di Enam Kecamatan.

Pelaksanaan bimtek berlangsung selama 2 hari sejak kemarin dan hari ini, semuanya terpusat disalah satu Hotel di Balikpapan, Rabu (25/11/2020).

Komisioner KPU Mega Feriany Ferry menuturkan, bimtek yang digelar KPU untuk memberikan pengenalan kepada petugas PPK dan PPS dalam melaksanakan Pemungutan dan Penghitungan suara, sekaligus mengenalkan cara menggunakan aplikasi SIREKAP.

Mega Feriany Ferry Komisioner KPU Kota Balikpapan

“Sejak kemarin hingga hari ini, KPU Balikpapan beserta seluruh KPU, baik Kabupaten/Kota maupun KPU Provinsi yang melaksanakan Pilkada serentak juga ikut melakukan meeting zoom bersama KPU-RI”ujar Mega

Meeting zoom bersama KPU RI dilakukan dalam rangka uji coba secara Nasional penggunaan aplikasi SIREKAP dalam penghitungan dan rekapitulasi berjenjang yang dimulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke Kabupaten/Kota atau Provinsi yang melaksanakan pilkada.

“Petugas PPK dan PPS yang kebetulan ada keterkaitan langsung dengan penggunaan SIREKAP baik versi mobile maupun versi Web-nya, Maka KPU mengikut sertakan petugas PPK dan PPS dalam zoom meeting bersama KPU-RI”bebernya

Mega menambahkan, penggunaan aplikasi SIREKAP yang digunakan petugas PPK dan PPS selama pelaksanaan bimtek tidak terkendala apapun, hanya saja faktor yang mempengaruhi terjadinya kendala bisa saja diakibatkan dari jaringan.

“Untuk keamanannya sendiri, aplikasi SIREKAP tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk terjadinya kecurangan atau hal-hal yang misalnya “Hack” dan sebagainya”jelas Mega

“Sistem security yang ada didalam aplikasi SIREKAP baik keamanan akun dan sebagainya, semua terverifikasi secara baik didalam server”tandasnya.

Wartawan : ag

Editor : Agus

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa saya bantu?